Rabu, 07 Januari 2015

Kulit Kayu Massoia (Masohi, Mesoyi)

Info kontak: ransun.group@gmail.com


Kulit Kayu Massoia diambil dari Pohon Massoia. Massoia adalah sejenis pohon yang masih sekerabat dengan Kayu Manis. Di Papua dikenal sebagai aikor atau aikori. Habitus berupa pohon, tinggi sekitar 25 m. Batang besar dengan diameter ± 30 cm, tebal kulit kayu dapat mencapai 0,5 cm serta menebarkan aroma wangi. Aroma wangi berasal dari kandungan minyak atsiri yang dikenal sebagai Massoia Lactone. Bentuk daun bundar telur yang meruncing ke arah ujung daun. Duduk daun melingkar atau berlawanan. Perbungaan mempunyai tangkai panjang ± 10 cm, muncul dekat pangkal daun. Buah buni, berbiji satu. Kayunya dipakai sebagai bahan bangunan, kulit kayunya dijadikan campuran untuk pewarna merah  dan campuran wewangian.

Tanaman yang juga memiliki sinonim Cryptocarya Massoy (Oken) Kosterm ini merupakan anggota famili Lauraceae.


Sekarang ini stok kulit kayu Massoia hanya bisa diandalkan dari Pulau Papua (Provinsi Papua, Indonesia dan Negara Papua New Guinea) karena sejauh ini populasi pohon Massoia hanya bisa dijumpai di pulau ini.
Di Indonesia tanaman ini tumbuh diwilayah tengah, timur, dan selatan Papua dengan pengecualian pulau-pulau di Teluk Cendrawasih. Populasi pohon massoia saat ini semakin sulit ditemukan didataran rendah dan hampir keseluruhan dari populasi pohon ini hanya bisa ditemukan didataran tinggi, dengan kata lain pohon ini sudah semakin langka. Populasi Massoia di Papua dapat dijumpai di wilayah kabupaten Nabire, Kaimana, Fak-fak, Merauke, Jayapura, Sarmi, dengan pupulasi terbanyak di wilayah Kabupaten Nabire. Tanaman massoia memiliki aroma yang khas yang berasal dari minyak atsiri yang dikenal sebagai massoia lactone. Bagian dari tanaman ini dengan kandungan massoia lactone terbanyak adalah bagian kulit kayu dan dari kulit kayu inilah yang setelah disuling kemudian menghasilkan minyak massoia.



Gambar Kulit Kayu Massoia di Gudang
Lokasi Gudang berada di Kota Nabire, Papua, Indonesia.













-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber Data:


wikipedia
deleigeven.blogspot.com

Sumber Foto:
Koleksi Foto Pribadi

13 komentar:

  1. Bapak/Ibu Ysh,

    Saya Sylvia, seorang dosen di salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Saya sedang menyusun 1 bab khusus tentang minyak masoyi untuk keperluan buku ajar (referens). Saya memerlukan sumber berita dan foto, dan saya tertarik untuk menggunakan data foto batang masoyi yang Bapak/Ibu miliki dan Bapak/Ibu posting dalam tulisan ini. Untuk itu bersama ini saya ingin menanyakan kemungkinan saya dapat menggunakan foto kulit batang masoyi dari web Bapak/Ibu ini, tentu dengan mencantumkan sumber berita. Besar harapan Bapak/Ibu berkenan mengijinkan saya menggunakan foto dan web Bapak/Ibu sebagai sumber foto untuk bab minyak Masoyi saya.

    Atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,
    Sylvia

    BalasHapus
  2. Saya butuh kulit kayu massoi rutin.
    Kebutuhan utk di olah menjadi minyak massoi.
    Donni gultom
    0811 920 393

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga beli per kg brapa pak?

      Hapus
    2. Saya call ya.. saya mau tanyak2 harga mohon ijin ya pak donni

      Hapus
  3. Kira2 kulit Masohi harga jualnya berapa Yach...??

    BalasHapus
  4. Saya cari pembeli kulit kayu masohi

    BalasHapus
  5. Ada kulit kayu Masohi di Merauke ada yang minat beli gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor kontaknya Pak, sy minat kayu masohi partai besar

      Hapus
    2. Mas anta saya dari papua...kalau butuh kayu masohi coba kontak saya
      081387001455

      Makasih

      Hapus
  6. Sy minat dgn kulit kayu masohi, bisa di tawarkan ke sy, bisa DM, nomor telpon atau alamat anda dimana, terima kasih

    BalasHapus
  7. Play The Real Money Slot Machines - Trick-Taking Game - Trick-Taking
    How to Play. Play The Real 토토 사이트 코드 Money หาเงินออนไลน์ Slot Machine. If you are searching for a septcasino fun, microtouch solo titanium exciting game to play online, 토토 we have you covered.

    BalasHapus